Masa Orientasi Lapangan Peserta Hospitality Training
SMA Negeri 1 Banjar dalam tiga tahun terakhir ini menerapkan keterampilan tambahan kepada peserta didiknya berupa Computer and Hospitality Training (pelatihan perhotelan) yang bekerja sama dengan pihak terkait. Dalam hal ini keterampilan komputer memberikan materi aplikasi perkantoran dan desain grafis yang bekerjasama dengan LPK Pansophia, sedangkan hospitality training (pelatihan perhotelan) merupakan program keterampilan tambahan yang sangat diminati oleh peserta didik bekerjasama dengan Puri Lumbung Cottages di desa Munduk.
Hospitality training ini merupakan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) Pariwisata dimana program sekolah yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Banjar dalam upayanya untuk membekali peserta didiknya utamanya kelas XII agar lebih mampu berkiprah pada kehidupan nyata di masyarakat.
PBKL ini dibagi menjadi 2 kegiatan produktif :
- Pengembangan ketrampilan berbahasa asing di sekolah selama 3,5 bulan, yang di asuh oleh instruktur handal,
- Pendalaman kebahasaan dan ketrampilan pariwisata di hotel, yang sering di sebut MOL (Masa Orientasi Lapangan) selama 8 jam, dengan subjek konsentrasi : Kantor Depan Hotel, Restoran, Bar dan tata laksana kamar.
Kegiata Masa Orientasi Lapangan (MOL) ini dikoordinir langsung olah Bapak Drs. Made Widiarma selaku wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat yang sekaligus sebagai Penasehat Badan Pengembangan Pariwisata Munduk dan juga merupakan mantan tim manajemen Puri Lumbung Cottages.
Dengan harapan kegiatan masa orientasi lapangan peserta didik memiliki pengetahuan awal dan sekaligus referensi akan industri pariwisata, serta memberikan pengalaman nyata dan praktis tentang industri itu. Sehingga peserta dudik mampu mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk berkarir di masa depan.
Selain itu, diharapkan juga dapat membangun jaringan profesional yang akan bermanfaat bagi perkembangan karir mereka di industri pariwisata.
Harapan lainnya adalah agar peserta didik dapat memahami pentingnya pelayanan prima dan etika kerja dalam dunia perhotelan, membekali mereka dengan nilai-nilai yang esensial untuk sukses di bidang ini.
0 Komentar